Senin, 25 Maret 2019

Kisah Wirausahawan Sukses Sandiaga Uno

Nama         : Sapta Satria Utama
NPM           : 16216830
Kelas           : 3EA02
Mata Kuliah : Etika Bisnis# (Penulisan Pertemuan Minggu ke 3)



Kisah Wirausahawan Sukses
Sandiaga Uno

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas seorang wurausahawan sukses di Indonesia yang sekarang mencoba peruntungan di Pilpres 2019/2024 yaitu Pak Sandiaga Uno. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969) yang kerap dipanggil Sandiaga Uno adalah pengusaha dan politikus Indonesia. Beliau memenangkan Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta 2017 bersama dengan Anies Baswedan, dan memulai masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pada bulan Oktober 2017. Sering hadir di acara seminar-seminar, Sandiaga Uno yang berdarah Gorontalo ini kerap memberikan pembekalan tentang kewira (entrepreneurship), terutama kepada kalangan pemuda.

Sandiaga Uno memulai usahanya setelah sempat menjadi seorang pengangguran ketika perusahaan yang mempekerjakannya bangkrut. Beliau banting setir untuk bangkit dari nol, menjalani awal kariernya menjadi seorang pengusaha. Bersama rekannya, ia mendirikan sebuah perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor. Usaha tersebut terbukti sukses dan telah mengambil alih beberapa perusahaan lain. Pada tahun 2009, ia tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes. Tahun 2011, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Ia menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan US$ 660 juta.

Tahun 1993 belaiu bergabung di perusahaan Singapura kemudian pindah ke perusahaan asal Kanada. Seiring terjadinya krisis tahun 1997, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut sehingga hal tersebut mengakibatkannya menjadi pengangguran. Selepas terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan tempatnya bekerja, beliau mengambil langkah selanjutnya dengan mencari dan mendaftar pekerjaan baru, akan tetapi hasilnya nihil, pasalnya usaha yang dilakukannya itu justru ditolak oleh 25 perusahaan.

Pengalaman buruk yang dialami ketika dia bekerja adalah pemicu yang membuatnya memilih menjadi seorang konsultan keuangan yang bersama dengan sahabatnya mendirikan usaha jasa konsultan. Namun lagi-lagi ikhtiarnya ini tidak semulus yang dibayangkan. Banyak calon klien yang memandang sebelah mata atas upaya dan kemampuannya hingga akhirnya selepas 6 bulan ada calon klien dari suatu perusahaan yang memercayai dan menggunakan jasanya. Pada tahun 1998 beliau bersama dengan Edwin Soerjadjaja mendirikan Saratoga Capital yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya alam dan infrastruktur. Saat ini beliau menjabat sebagai CEO Saratoga Capital, pimpinan PT Adaro Energy Tbk, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, dan juga pendiri PT Recapital Advisor.

Majalah Globe Asia edisi Agustus 2007 menobatkan Sandi S. Uno, sebagai orang terkaya di Indonesia No. 122 dengan perkiraan kekayaan sebesar Rp 744 Miliar. Sandiaga Uno memperoleh kekayaan sebesar itu melalui private equity firm yang didirikannya; yaitu Saratoga Capital yang didirikan pada tahun 1998 dengan partner utama Edwin Soeryadjaya dan Re-Capital yang didirikan pada tahun 1997 bersama sahabat lamanya Rosan Roslani.

Selain di perusahaan tersebut, beliau juga aktif sebagai anggota Komite Ekonomi Nasional dan bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. Beliau di saat yang sama juga sebagai pendiri Aksi Kewirawusahaan Sosial Indonesia, dan masih banyak lagi.


Tidak ada komentar: