Sabtu, 28 Desember 2019

Pelanggan Global

Nama             : Sapta Satria Utama

NPM               : 16216830

Kelas             : 4EA02

Mata Kuliah  : Manajemen Era Revolusi Industri 4 #



Halo nama saya Sapta Satria Utama dari kelas 4EA02 ingin menjelaskan tentang pelanggan global. Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai pasar global itu sendiri. Pengertian pasar global adalah pemasaran berskala seluas dunia Internasional yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat. Pasar global mengalami perkembangan yang pesat belakangan ini karena beberapa faktor, antara lain:

1. Adanya beberapa negara industri yang mampu menghasilkan produk berkualitas dengan harga murah, misalnya China dan Taiwan 
2. Semakin banyak orang yang melakukan perjalanan antar negara yang secara langsung menjadi konsumen global
3. Semakin banyaknya transportasi antar negara yang mempermudah distribusi produk
4. Perdagangan dunia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dunia

Pelanggan global adalah orang yang terlibat dalam kegiatan pasar global sendiri bersama dengan penjual global.

Tinjauan Ekonomi Dunia


Ekonomi dunia terjadi perubahan besar sejak perang dunia II. Perubahan paling besar dan mendasar adalah munculnya pasar global. Integrasi ekonomi dunia meningkat secara signifikan misalnya Uni Eropa dan Nafta.

Realitas perubahan Ekonomi Dunia:

1. Penggerak ekonomi dunia adalah perpindahan modal, bukan lagi perdagangan.

2. Produktifitas telah terlepas hubungannya dengan tingkat pekerja.
Dahulu, semakin banyak pekerjanya maka semakin besar produktifitas yang dihasilkannya, namun sekarang setelah adanya pemasaran global, perusahaan mengurangi pekerjanya dan produktifitas yang dihasilkan tetap sama karena perusahaan memanfaatkan kemajuan teknologi.

3. Ekonomi dunia mendominasi keadaan
Bisnis sukses jika pimpinan bisnis dan pembuat kebijakan fokus pada ekonomi dan pasar bisnis.

4. Berakhirnya perang dingin kapitalisme dan sosialisme
Komunisme sebagai sistem ekonomi telah terguling oleh kapitalisme.

Sistem Ekonomi


Di dunia terdapat 3 tipe sistem ekonomi, yaitu kapitalis, sosialis dan campuran. Klasifikasi ini didasarkan pada metode mengalokasikan sumber daya dalam sistem, yang masing-masing berupa alokasi pasar, alokasi berdasarkan perintah dan lokasi campuran.

Alokasi Pasar
Sistem ini mengandalkan konsumen yang mengalokasikan sumber daya. Konsumen yang memutuskan apa yang akan diproduksi oleh siapa. Sistem pasar adalah suatu demokrasi ekonomi. Masyarakat punya hak memberi suara dengan uang mereka untuk barang yang sesuai dengan pilihan mereka.

2. Alokasi berdasarkan Perintah
Dalam sistem ini pemerintah berkuasa untuk melayani masyarakat termasuk keputusan produk mana yang harus dibuat dan cara membuatnya. Konsumen bebas berbelanja apapun yang tersedia tapi keputusan apa yang diproduksi dan apa yang tersedia ditentukan oleh perencana pemerintah. Bauran pemasaran tidak digunakan sebagai variabel strategis dan distribusi ditangani oleh pemerintah.

3. Alokasi Campuran
Dalam kenyataannya sebenarnya yang ada adalah sistem campuran kedua sistem atau alokasi tersebut diatas.

Perkembangan Pasar


Pasar negara global berada dalam tahap perkembangan yang berbeda. PNB per-kapita merupakan dasar segmentasi demografi yang berguna. Atas dasar ini maka ada 4 kategori pasar global yaitu:

Negara berpenghasilan rendah atau Negara pra Industri (PNB per kapita < $766).

Negara berpenghasilan menegah bawah atau Negara berkembang (PNB per kapita $766 - $3.036).

Negara berpendapatan menengah atas atau Negara Industri Baru (PNB per kapita $3.036 - $9.386).

4. Negara berpendapatan tinggi atau Negara Maju atau Negara Industri (PNB per kapita > $9.386).

Pola Konsumsi


Pola konsumsi adalah susunan kebutuhan seseorang terhadap barang dan jasa yang akan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu, yang dipenuhi dari pendapatannya. Perbedaan pola konsumsi tiap orang tidak hanya dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pendapatan, tapi juga dipengaruhi oleh faktor - faktor berikut:

1. Tingkat pendidikan atau pengetahuan.
2. Kondisi tempat tinggal iklim.
3. Jenis pekerjaan.
4. Tingkat peradaban bangsa.
5. Kebiasaan dan kondisi sosial budaya masyarakat.
6. Tinggi rendahnya harga barang dan jasa.
7. Selera yang sedang berkembang di masyarakat.

Pola konsumsi orang berbeda - beda, tetapi secara umum dalam berkonsumsi orang akan mendahulukan kebutuhan pokok, baru kemudian memenuhi kebutuhan lainnya.

Neraca Pembayaran


Neraca pembayaran adalah catatan dari semua transaksi ekonomi antara penduduk dari sebuah Negara dari belahan dunia lain. Neraca pembayaran dibagi menjadi apa yang disebut dengan transaksi berjalan dan transaksi modal. Transaksi berjalan adalah catatan dari semua perdagangan barang dan jasa, transaksi hibah swasta dan bantuan pemerintah antar Negara. Perkiraan modal mencatat semua investasi langsung jangka panjang dan arus keluar-masuk modal jangka panjang serta jangka pendek. Tanda negative menandakan keluarnya uang.

Pola Perdagangan


Setelah perang dunia II, pertumbuhan impor dan ekspor melebihi kecepatan kenaikan PNB, investasi langsung oleh pihak asing berkembang 5 kali lebih cepat daripada perdagangan dunia dan 10% lebih cepat daripada PNB. Pada 1994, nilai perdagangan dunia $4,1 tiliun dengan 75% ekspor dunia dihasilkan oleh Negara-negara industri dan 25% oleh Negara-negara berkembang. 

Sektor pertumbuhan perdagangan dunia yang paling cepat adalah perdagangan dalam bidang jsa, meliputi: perjalanan dan hiburan, pendidikan, bisnis jasa seperti keahlian teknik, akuntansi, biro jasa hokum , pembayaran royalty, dan biro lisensi. Sayangnya, statistic dan data mengenai perdagangan jasa tidak selengkap perdagangan barang.


Sumber Referensi :

 http://megaleonitaa.blogspot.com/2018/12/manajemen-pemasaran-global.html

Tidak ada komentar: